Rabu, 06 Agustus 2008

Menuju Bir Ali (Dzul Hulaifah) Miqot Yang Pertama

Pagi-pagi setelah sarapan, Ustad pembimbing kami memberikan pengumuman bahwa nanti jam 15.00 sore kita akan check out dari hotel dan sekaligus mengenakan pakaian Ihrom. Untuk itu kepada kami dipersilahkan Ziarah Wada' (perpisahan) di Makam Rasulullah SAW di Masjid Nabawi sekali gus mengenakan pakaian Ihrom karena akan Miqot di Bir Ali (Dzul Hulaifah).
Siangnya sekitar jam 12.00 kami pun menuju Masjid Nabawi, sholat zhuhur dan kemudian menyempatkan diri sholat sunnah di Roudhah dan memutar ke kiri untuk keluar dari Bab Baqi' (Pintu Baqi') dan sebelum menuju pintu kita berholawat dan salam kepada Rasulullah SAW serta kedua sahabat beliau yaitu Abu Bakar As-Siddiq dan Umar Ibnu Khattab, tidak terasa kita akan menangis sejadi-jadinya sebab kita akan meninggalkan makam Rasulullah SAW yang sudah 3 (tiga) hari ini selalu kita ziarahi dan bahkan perasaan kadang-kadang kita berjumpa langsung dengan beliau dan merasakan seolah-olah sholat bersama beliau. Akhirnya dari mulut saya terucap do'a semoga Allah SWT masih memberikan kesempatan kepada saya paling tidak sekali lagi ketempat ini dalam melaksanakan Ibadah Haji dikemudian hari, Insya Allah.
Kami pun berangkat menuju Masjidil Harom untuk melaksanakan Tawaf dan Sa'i melewati Pintu 1 (Babul Malik Abdul Aziz) sebagaimana tertera di gambar sebelah. Sesampainya di pintu Masjid, sandal dimasukkan ke dalam tas yang di sandang, kemudian melangkahkan kaki kanan sembari membaca do'a "Allohumma antas salam, waminkas salam, wa-ilaika ya u-dussalam, fahayyina robbana bissalam, wa-adhilnal jannata Darossalam, tabarok tarobbana wata-alaita, ya dzal jalali wal ikrom, Allohummaftahli abawaba rohmatik, wa adhilni fiha bismillah, walhamdulillah, was sholatu wassalamu ala rosulillah". Sesampainya di Masjid, rombongan kami banyak yang melakukan sholat jamak ta'khir, sedangkan saya bersandar di sebuah tiang menghadap ka'bah sambil membaca doa : . Teringatlah saya apa yang dikatan oleh Umar Bin Khattab, sekira-kira : "Wahai batu saya tahu engkau tidak memberikan manfaat dan mudharat kepada saya, kalaulah bukan Rasulullah SAW yang melakukan ini, maka sayapun tidak akan melakukannya". Dalam hati saya juga berdo'a kepada Allah SWT

Tidak ada komentar: